Senin, 11 Juni 2012

Berbagai Rilisan Ubuntu



1. Ubuntu 4.10 (Warty Warthog)

Ubuntu 4.10 (Warty Warthog), dirilis pada tanggal 20 Oktober 2004, adalah rilisan pertama Canonical Ubuntu, yang dibentuk diatas Debian, dengan rencana untuk rilis baru setiap enam bulan dan delapan belas bulan dukungan setelahnya. Dukungan Ubuntu 4.10 berakhir pada 30 April 2006. Ubuntu 4.10 adalah versi pertama dari Ubuntu untuk menawarkan layanan ShipIt, memungkinkan pengguna untuk memesan CD instalasi gratis.



2. Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog)



Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog), dirilis pada tanggal 8 April 2005, merupakan rilisan kedua dari Ubuntu Canonical. Dukungan Ubuntu 5.04 berakhir pada tanggal 31 Oktober 2006. Ubuntu 5.04 menambahkan banyak fitur baru termasuk update manager, upgrade notifier, readahead dan grepmap, suspend, hibernate dan standby, frekuensi scaling dinamis untuk prosesor, ubuntu hardware database, Kickstart instalasi, dan otentikasi APT. Instalasi Ubuntu 5,04 bisa dilakukan dari perangkat USB. Ubuntu 5,04 digunakan UTF-8 secara default.

3. Ubuntu 5.10 (Breezy Badger)



Ubuntu 5.10 (Breezy Badger), dirilis pada 12 Oktober 2005, merupakan rilisan ketiga Canonical Ubuntu. Dukungan Ubuntu 5.10 berakhir pada 13 April 2007. Ubuntu 5.10 menambahkan beberapa fitur baru termasuk bootloader grafis (Usplash), sebuah alat Tambah / Hapus Aplikasi, sebuah menu editor (alacarte), sebuah selektor bahasa yang mudah, Volume dukungan manajemen logis, dukungan penuh printer Hewlett-Packard , dukungan OEM installer, logo Ubuntu baru di atas-kiri, dan integrasi Launchpad untuk melaporkan bug dan pengembangan perangkat lunak.


4. Ubuntu 6.06 (Dapper Drake)



Ubuntu 6.06 (Dapper Drake), dirilis pada tanggal 1 Juni 2006, merupakan rilisan keempat Canonical, dan Long Term Support (LTS) pertama kali rilis. Ubuntu 6.06 dirilis di belakang jadwal, karena telah dimaksudkan sebagai 6,04. Pembangunan belum selesai pada April 2006 dan Mark Shuttleworth menyetujui rilis pada bulan Juni, sehingga menjadi 6.06 . Dukungan Ubuntu 6.06 berakhir pada tanggal 14 Juli 2009 untuk desktop dan berakhir pada Juni 2011 untuk server. Ubuntu 6.06 mencakup beberapa fitur baru, termasuk memiliki Live CD dan Instal CD digabung pada satu disk, sebuah installer grafis di Live CD (Ubiquity), Usplash saat shutdown serta startup, jaringan manajer untuk memudahkan beralih dari wireless ganda dan koneksi wireless, tema Humanlooks diimplementasikan menggunakan pedoman Tango, berdasarkan ClearLooks dan warna oranye sehingga menampilkan warna coklat, dan installer GDebi grafis untuk file paket. Ubuntu 6.06 tidak termasuk cara untuk menginstal dari sebuah perangkat USB, tapi untuk pertama kalinya mengizinkan instalasi langsung ke perangkat removable USB.


5. Ubuntu 6.10 (Edgy Eft)





Ubuntu 6.10 (Edgy Eft), dirilis pada tanggal 26 Oktober 2006, merupakan rilisan kelima dari Ubuntu Canonical. Dukungan Ubuntu 6.10 berakhir pada tanggal 25 April 2008. Ubuntu 6.10 menambahkan beberapa fitur baru termasuk banyak dimodifikasi tema Human, Upstart init daemon, laporan kerusakan otomatis (Apport), catatan Tomboy, dan F-Spot foto manajer. EasyUbuntu, program pihak ketiga yang dirancang untuk membuat Ubuntu lebih mudah digunakan, dimasukkan dalam Ubuntu 6.10 sebagai paket meta.


6. Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn)




Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn), dirilis pada tanggal 19 April 2007, merupakan rilisan keenam dari Canonical Ubuntu. Dukungan Ubuntu 7.04 berakhir pada tanggal 19 Oktober 2008. Ubuntu 7.04 mencakup beberapa fitur baru, diantara mereka ada sebuah migrasi asisten untuk membantu mantan pengguna Microsoft Windows berpindah ke Ubuntu, dukungan untuk Kernel dasar Virtual Machine, dibantu codec dan dibatasi instalasi driver termasuk Adobe Flash, Java, MP3, instalasi lebih mudah dari driver nVidia dan ATI, desktop Compiz efek, dukungan untuk Wi-Fi Protected Access, penambahan Sudoku dan catur, penggunaan disk analyzer (baobab), GNOME Control Center, dan Zeroconf dukungan untuk banyak perangkat. Ubuntu 7.04 menjatuhkan dukungan untuk arsitektur PowerPC.


7. Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)




Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon), dirilis pada tanggal 18 Oktober 2007, merupakan rilisan ketujuh Ubuntu Canonical. Dukungan Ubuntu 7.10 berakhir pada tanggal 18 April 2009. Ubuntu 7.10 mencakup beberapa fitur baru, di antaranya kerangka keamanan AppArmor, pencarian desktop cepat, sebuah plug-in Firefox manajer (Ubufox), ​​alat grafis konfigurasi untuk X.Org, dukungan penuh NTFS (baca / tulis) melalui NTFS-3G, dan sistem pencetakan dirubah dengan pencetakan PDF secara default. Compiz Fusion telah diaktifkan sebagai default di Ubuntu 7.10 dan pengganti user secara cepat telah ditambahkan .


8. Ubuntu 8.04 (Hardy Heron)




Ubuntu 8.04 (Hardy Heron), dirilis pada tanggal 24 April 2008, merupakan rilisan kedelapan Canonical Ubuntu dan Long Term Support (LTS) kedua kelinya rilis.  Dukungan Ubuntu 8.04 berakhir pada tanggal 12 Mei 2011 untuk desktop dan akan berakhir pada April 2013 untuk server. Ubuntu 8.04 mencakup beberapa fitur baru, di antaranya  integrasi pencarian Tracker desktop, Brasero hard disk burner, Transmisi klien BitTorrent, Vinagre VNC klien, Sistem suara melalui PulseAudio, otentikasi Active Directory dan login menggunakan Likewise Open. Di samping itu, update Ubuntu 8.04 disertakan untuk pemenuhan Tango yang lebih baik, peningkatan berbagai penggunaan Compiz, otomatis mengambil dan melepaskan dari kursor mouse ketika berjalan pada mesin virtual VMware, dan metode yang lebih mudah untuk menghapus ubuntu. Ubuntu 8.04 adalah versi pertama Ubuntu untuk menyertakan Wubi installer di Live CD yang memungkinkan Ubuntu untuk diinstal sebagai file tunggal pada Windows hard drive tanpa perlu partisi disk ulang.


9. Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex)



Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex), dirilis pada 30 Oktober 2008, merupakan rilisan kesembilan Ubuntu Canonical. Dukungan berakhir pada tanggal 30 April 2010. Ubuntu 8.10 memperkenalkan beberapa fitur baru termasuk perbaikan untuk komputasi mobile dan skalabilitas desktop, meningkatkan fleksibilitas untuk konektivitas internet, Ubuntu Live USB creator dan guest account, yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan komputer namun hak-hak pengguna sangat terbatas (misalnya mengakses Internet, dengan menggunakan perangkat lunak dan memeriksa e-mail). Para guest account mempunyai home folder sendiri dan itu disimpan secara permanen di hard disk komputer. Intrepid Ibex juga termasuk sebuah direktori pribadi terenkripsi untuk pengguna, dimasukkannya Modul Kernel Dukungan Dinamis, alat yang memungkinkan driver kernel secara otomatis kembali ketika kernel baru yang dirilis dan dukungan untuk menciptakan gambar USB flash drive.


10. Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope)




Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope), dirilis pada tanggal 23 April 2009, merupakan rilisan kesepuluh dari Ubuntu Canonical. Dukungan berakhir pada 23 Oktober 2010. Fitur baru termasuk waktu boot cepat, integrasi layanan web dan aplikasi ke dalam desktop interface. Ini memiliki layar Usplash baru, layar login baru dan juga dukungan untuk kedua Wacom (hotplugging) dan netbook. Ini juga termasuk sistem notifikasi baru, notifier OSD, dan tema. Ini menandai pertama kalinya bahwa semua inti pengembangan Ubuntu pindah ke sistem kontrol Bazaar.



11. Ubuntu 9.10 (Karmic Koala)




Ubuntu 9.10 (Karmic Koala), dirilis pada tanggal 29 Oktober 2009, merupakan rilisan ke-11 Canonical Ubuntu. Hal ini didukung hingga April 2011. Dalam sebuah pengumuman kepada masyarakat pada tanggal 20 Februari 2009, Mark Shuttleworth menjelaskan bahwa 9,10 akan berfokus pada perbaikan dalam cloud computing di server menggunakan Eucalyptus, perbaikan lebih lanjut dalam kecepatan boot serta pembangunan di Netbook Remix. Pengumuman awal versi 9,10 menunjukkan bahwa rilis ini mungkin termasuk tema baru, namun proyek ini bergerak maju ke 10,04, dan hanya revisi kecil yang dibuat untuk tema default. Perbaikan grafis lainnya termasuk satu set baru layar splash boot dan shutdown, layar login baru yang transisi mulus ke dalam desktop dan kinerja telah disempurnakan pada chipset grafis Intel. Pada bulan Juni 2009 Canonical menciptakan One Hundred Paper Cuts, pengembang fokus untuk memperbaiki masalah kegunaan kecil. Sebuah paper cut didefinisikan sebagai: " bahwa rata-rata pengguna akan bertemu di hari pertama menggunakan instalasi baru dari versi terbaru dari Ubuntu Desktop Edition" Instalasi desktop Ubuntu 9,10 mengganti Pidgin dengan Instant Empathy Messenger sebagai klien standar instant messaging. Filesystem default adalah ext4, dan Ubuntu One klien, yang interface dengan sistem penyimpanan online baru Canonical, diinstal secara default. Hal ini juga debut aplikasi baru yang disebut Ubuntu Software Center yang menyatukan manajemen paket. Canonical menyatakan niat mereka untuk aplikasi ini untuk mengganti Add / Remove Programs (gnome-app-install) di 9,10 dan kemungkinan Synaptic Software Sources, GDebi dan Update Manager di Ubuntu 10,04. Karmic Koala juga mencakup tayangan slide selama proses instalasi dan fitur aplikasi dalam Ubuntu.


12. Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx)




Shuttleworth mengumumkan pertama kali Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx) pada 19 September 2009 di Atlanta Fest Linux, Canonical dirilis pada 29 April 2010. Ini adalah rilisan ke-12 Canonical Ubuntu dan merupakan LTS ketiga. Canonical bermaksud untuk memberikan dukungan untuk Ubuntu 10.04 sampai April 2013 untuk versi desktop, dan sampai April 2015 untuk versi server. Tanggal yang sama berlaku untuk Kubuntu 10,04, yang dibangun pada KDE. Rilis baru mencakup, antara lain, meningkatkan dukungan untuk driver grafis Nvidia proprietary, sementara beralih ke open source grafis Nvidia driver, Nouveau, secara default. Plymouth juga diperkenalkan memungkinkan booting animas. GIMP telah dihapus dari CD instalasi Lucid karena kelas profesional kompleksitas dan ukuran file-nya. F-Spot menyediakan pengguna-tingkat yang normal-kemampuan mengedit grafis dan GIMP tetap tersedia untuk di-download di repositori. Distribusi menekankan pentingnya layanan web baru dan jaringan sosial dengan interface terintegrasi untuk posting ke situs seperti Facebook dan Twitter, melengkapi integrasi IM dan email yang sudah di Ubuntu. Pada tanggal 4 Maret 2010, diumumkan bahwa Lucid Lynx akan menampilkan tema baru, termasuk logo baru, mengambil gaya visual baru Ubuntu:

" Gaya baru di Ubuntu adalah terinspirasi oleh gagasan "Cahaya". Kami tertarik untuk Cahaya karena itu menandakan baik kehangatan dan kejelasan, dan tertarik dengan gagasan bahwa "cahaya" adalah nilai yang baik dalam perangkat lunak. Perangkat lunak yang baik adalah "terang" dalam arti bahwa ia menggunakan sumber daya   Anda secara efisien, berjalan cepat, dan dapat dengan mudah dibentuk kembali sesuai kebutuhan. Ubuntu mewakili istirahatnya dengan bloatware sistem operasi proprietary dan kesempatan untuk menyenangkan bagi mereka yang menggunakan komputer untuk bekerja dan bermain. Semakin banyak komunikasi kami yang didukung oleh cahaya, dan di masa depan, kekuatan pemrosesan kita akan bergantung pada kemampuan kita untuk bekerja dengan cahaya, juga.
Secara visual, cahaya yang indah, cahaya halus, cahaya membawa kejelasan dan kenyamanan.
Perspektif historis: Dari 2004-2010, tema di Ubuntu adalah "Manusia". Tagline kami "Linux for Human Beings" dan kami menggunakan palet reflektif dari berbagai kemanusiaan. Fokus kami sebagai sebuah proyek yang membawa Linux dari pusat data ke dalam kehidupan teman-teman dan keluarga global. "

Tanggapan kritis dengan tema baru telah dicampur. Ars Technica Ryan Paulus berkata "Tema baru dan palet warna yang diperbarui adalah perbaikan yang bagus untuk Ubuntu. Setelah menguji tema baru selama beberapa jam, saya merasa seperti itu langkah maju, tetapi masih jatuh sedikit dari harapan saya." Paulus juga mencatat bahwa aspek paling kontroversial dari desain baru di kalangan pengguna telah penempatan tombol kontrol jendela di kiri, bukan dari sisi kanan jendela. TechSource, JunAuza mengungkapkan kekhawatiran bahwa tema baru terlalu dekat dengan yang digunakan oleh Apple Mac OS X: "Saya pikir Ubuntu memiliki krisis identitas sekarang dan serius harus mempertimbangkan mengubah beberapa hal dalam hal tampilan dan nuansa untuk menghindari dicap sebagai Mac OS X rip-off, atau yang lebih buruk, dituntut oleh Apple. " Auza juga diringkas umpan balik pengguna Ubuntu: "Saya percaya para fans sekarang telah belajar untuk mencintai skema warna coklat karena unik mewakili Ubuntu, sementara yang lain menginginkan perubahan." Rilis titik pertama 10.04.1 dibuat tersedia pada 17 Agustus 2010, update kedua 10.04.2 dirilis pada tanggal 17 Februari 2011, dan update ketiga 10.04.3 dirilis pada tanggal 21 Juli 2011. Pembaruan 10.04.4 dijadwalkan untuk 25 Januari 2012.


13. Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)




Penamaan Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) diumumkan oleh Mark Shuttleworth pada tanggal 2 April 2010, bersama dengan tujuan rilis dari meningkatkan pengalaman netbook dan fokus server pada Hybrid Cloud Computing. Ubuntu 10.10 dirilis pada 10 Oktober 2010 (10.10.10) sekitar pukul 10:10 UTC. Ini adalah keberangkatan dari jadwal yang tradisional, melepaskannya pada akhir Oktober untuk mendapatkan "The Perfect 10", dan referensi menyenangkan untuk The Hitchhiker Guide to The Galaxy, karena, dalam biner, 101010 sama dengan nomor 42, " The Answer to the Ultimate Question of Life, the Universe and Everything" dalam seri ini. Ini adalah rilisan ke-13 Canonical Ubuntu. Fitur baru termasuk antarmuka Persatuan baru untuk Netbook Edition, foto manager default baru, Shotwell, menggantikan F-Spot, kemampuan untuk membeli aplikasi di Pusat Software, dan font Ubuntu resmi yang digunakan secara default. Maverick Meerkat 10.10 akan didukung sampai April 2012.


14. Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal)




Penamaan Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) diumumkan pada 17 Agustus 2010 oleh Mark Shuttleworth. Ubuntu 11.04 Natty Narwhal dirilis pada tanggal 28 April 2011. Ini adalah rilisan ke-14 Canonical Ubuntu.
Ubuntu 11.04 menggunakan antarmuka Unity user bukannya Shell GNOME sebagai default. Perpindahan ke Unity user merupakan kontroversial karena beberapa pengembang GNOME takut itu akan merusak komunitas dan meminggirkan masyarakat GNOME Shell. Lingkungan desktop GNOME masih tersedia di Ubuntu 11.04 dengan judul Ubuntu Classic sebagai fallback untuk Unity user.
Ubuntu 11.04 Banshee dipekerjakan sebagai pemutar musik default, menggantikan Rhythmbox. Aplikasi baru lainnya termasuk Mozilla Firefox 4 dan LibreOffice, yang menggantikan OpenOffice.org. Platform Cloud Computing OpenStack ditambahkan dalam rilisan ini.
Dimulai dengan Ubuntu 11.04, Ubuntu Netbook Edition telah bergabung ke dalam edisi desktop.
Dalam tinjauan, Ubuntu 11.04 merupakan rilisan yang stabil, Ryan Paul dari Ars Technica mengatakan "Ada banyak untuk yang di sukai di Ubuntu 11.04, tetapi juga banyak ruang untuk perbaikan." Ubuntu bertujuan untuk pemula dan user friendly.


15. Ubuntu 11.10 (Ocelot Oneiric)




Penamaan Ubuntu 11.10 (Ocelot Oneiric) diumumkan pada tanggal 7 Maret 2011 oleh Mark Shuttleworth. Dia menjelaskan bahwa Oneiric berarti "mimpi".
Ubuntu 11.10 dirilis sesuai jadwal pada tanggal 13 Oktober 2011 dan rilisan ke-15 Canonical Ubuntu.
Pada April 2011 Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 11.10 tidak akan mencakup desktop GNOME klasik namun kembali ke Unity user, tidak seperti Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. Sebaliknya, 11.10 akan mencakup versi 2D dari Unity sebagai fallback untuk komputer yang tidak memiliki sumber daya perangkat keras untuk versi berbasis 3D Compiz. Namun, klasik desktop GNOME tetap tersedia sebagai fallback di Ubuntu 11,10 melalui paket dalam repositori Ubuntu. Shuttleworth juga menegaskan bahwa Unity di Ubuntu 11,10 akan berjalan sebagai shell untuk GNOME 3 di atas GNOME 3 libraries, tidak seperti di Ubuntu 11.04 di mana ia berjalan sebagai shell untuk GNOME 2. Selain itu, pengguna juga akan dapat menginstal GNOME 3 bersama dengan GNOME Shell langsung dari repositori Ubuntu, yang akan disajikan dengan "GNOME 3 desktop" pada pilihan saat login. Selama siklus pengembangan, ada juga telah banyak perubahan pada Unity, termasuk penempatan tombol Ubuntu pada Launcher di Panel, yang autohiding dari jendela kontrol (dan menu global) dari jendela yang dimaksimalkan, pengenalan transparansi lebih ke Dash (dan Panel jika Dash dibuka), dan pengenalan kontrol jendela untuk Dash.
Pada Mei 2011 diumumkan bahwa PiTiVi akan ada lagi bagian dari ISO Ubuntu, mulai dengan Ubuntu 11,10 Ocelot Oneiric. Alasan yang diberikan untuk menghapus itu termasuk sedikitnya penerimaan pengguna, kurangnya kesesuaian dengan kasus pengguna-default untuk Ubuntu, kurangnya memoles dan kurangnya aplikasi kematangan pembangunan. PiTiVi tidak akan diganti pada ISO dengan video editor yang lain. Perubahan lain termasuk menghapus Computer Janitor, karena disebabkan sistem yang rusak untuk pengguna, dan penghapusan dari manajer paket Synaptic, yang opsional dapat diinstal melalui Ubuntu Software Center. Déjà DUP telah ditambahkan sebagai program cadangan Ubuntu. Mozilla Thunderbird telah menggantikan Evolution email client. Semua aplikasi yang dihapus akan tetap tersedia bagi pengguna untuk instalasi dari Ubuntu Software Center dan Repositori.


16. Ubuntu LTS 12.04 (Precise Pangolin)




Ubuntu LTS 12,04 (Precise Pangolin) akan menjadi rilisan berikutnya setelah 11,10 dan akan menjadi Long Term Support (LTS) release. Nama "Precise Pangolin" diumumkan oleh Shuttleworth pada 5 Oktober 2011. Tidak seperti  rilisan LTS sebelumnya, yang telah didukung selama tiga tahun untuk versi desktop dan lima tahun untuk versi server, rilisan ini akan didukung selama lima tahun di keduanya (desktop dan server).
Setelah Ubuntu Developer Summit pada awal November 2011 Canonical mengumumkan bahwa download default untuk 12,04 akan 64-bit, dengan 32-bit masih tersedia sebagai pilihan pengguna. Juga ukuran ISO akan meningkat menjadi 750 MB, yang berarti bahwa itu akan tidak lagi muat di CD, tetapi akan memerlukan drive DVD atau USB untuk menginstal. Perubahan yang direncanakan lain untuk rilisan ini termasuk jauh lebih cepat waktu start up untuk Ubuntu Software Center dan perbaikan untuk Persatuan. Rilisan ini akan menggantikan Banshee Media Player dengan Rhythmbox.
Pada Januari 2012 Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 12,04 akan menggabungkan Head-Up Display (HUD) fitur yang akan memungkinkan hotkey mencari item menu aplikasi dari keyboard, tanpa perlu menggunakan mouse. Shuttleworth mengatakan bahwa HUD "pada akhirnya akan menggantikan menu dalam aplikasi Unity" tapi untuk Ubuntu 12,04 setidaknya menu akan tetap


SOURCE : wikipedia

2 komentar:

interior consultant mengatakan...

thanx infonya yaa...:)

Pesta ulang tahun mengatakan...

thanks infonya :)

Poskan Komentar