Kamis, 01 Desember 2011

MULTIPLEXER

Multiplexer, juga bisa disebut sebagai mux, adalah perangkat elektronik yang memilih dari beberapa sinyal input dan mengirimkan satu atau lebih sinyal output. Dalam bentuk yang paling sederhana, multiplexer akan memiliki input dua sinyal, satu kontrol input dan satu output. Salah satu contoh dari sebuah multiplekser analog adalah kontrol sumber pada unit stereo rumah yang memungkinkan pengguna untuk memilih antara audio dari compact disc (CD) player, digital serbaguna disk (DVD) player dan jalur kabel televisi, contohnya. Multiplexer juga digunakan dalam membangun digital semikonduktor, seperti Central Processing Unit (CPU) dan pengendali grafis. Dalam aplikasi ini, jumlah input umumnya berkelipatan dua, jumlah output adalah salah satu atau beberapa dari dua, dan jumlah sinyal kontrol terkait dengan jumlah gabungan input dan output. Sebagai contoh, dua input, satu-output multiplexer hanya membutuhkan satu sinyal kontrol untuk memilih input, dan 16-masukan, empat-output multiplexer membutuhkan empat sinyal kontrol untuk memilih input dan dua untuk memilih output.



Jenis multiplexer juga digunakan dalam komunikasiSebuah jaringan telepon adalah contoh dari sebuah multiplekser virtual yang sangat besarAlih-alih memiliki koneksi langsung dari setiap telepon untuk setiap telepon lainnya - yang akan secara fisik tidak memungkinkan - jaringan MUX saluran telepon individu ke sejumlah kawat kecil sebagai panggilan yang ditempatkanPada akhir penerimaan Demultiplexer atau demuxmemilih tujuan yang benar dari banyak kemungkinan tujuan dengan menerapkan prinsip yang sama secara terbalik.

Ada bentuk yang lebih kompleks dalam multiplexerTime-division multiplexer misalnya, memiliki input yang sama / output karakteristik sebagai multiplexer lain, tapi bukan memiliki sinyal kontrolmereka bergantian antara semua masukan yang mungkin pada interval waktu yang tepatDengan mengambil cara inibanyak masukan yang dapat berbagi dalam satu outputTeknik ini umumnya digunakan pada jarak jauh saluran teleponyang memungkinkan banyak panggilan telepon individu untuk disusun menjadi satu tanpa mempengaruhi kecepatan atau kualitas dari setiap panggilan individuTime-division multiplexer umumnya dibangun sebagai alat semikonduktortetapi mereka juga dapat dibangun sebagai alat optik untuk aplikasi serat optik.

Bahkan lebih kompleks lagi adalah kode-divisi multiplexerMenggunakan teknik matematika yang dikembangkan selama Perang Dunia II untuk tujuan kriptografimereka telah menemukan aplikasi yang modern yatu, Code Division Multiple Acces (CDMA), jaringan telepon. Perangkat ini bekerja dengan semikonduktor menugaskan setiap masukan kode matematika yang unik dan kompleksSetiap masukan kode berlaku untuk sinyal yang diterimadan semua sinyal secara bersamaan dikirim ke output. Pada akhir penerimaan,demux melakukan operasi matematika terbalik dengan mengekstrak sinyal asli

2 komentar:

Unknown mengatakan...

waduh sisdig banget nih infonya :D hehe
ditunggu folbacknya bung, salam blogwalking dari milan :)

Evolution mengatakan...

haha. .
iya , buat tugas kelompok kemarin :D

okeeee. . .

Posting Komentar